Saturday, December 22, 2018

Manajemen Waktu Customer Service Online

Manajemen waktu sangat diperlukan oleh customer service, tentu sangatlah penting karena manajemen waktu tersbut dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan yang efek akhirnya adalah peningkatan penjualan.

Ada 4 kuadran yang saat ini diperlukan didalam matrix management customer service online :

1. Penting dan mendesak

Hal hal yang perlu diperhatikan oleh customer service adalah memprioritaskan penangan pelanggan sebagai hal yang penting dan mendesak sebagai contoh :
A. Melayani pelanggan
B. Melakukan follow up order
C. Melayani complain pelanggan
D. Melakukan eskalasi dari komplain pelanggan
E. Dll
Solusi apa yang perlu dilakukan yaitu memanage waktu tersebut sebaik mungkin dan mengoptimalkan waktu untuk menjalankannnya

2. Penting dan tidak mendesak

Kuadran ini sangat penting dalam peningkatan kapabilitas customer service
Dalam jangka waktu panjang dan memberikan efek atau manfaat dalam peningkatan kualitas pelayanan itu sendiri
Sebagai contoh adalah :
A. Melakukan training peningkatan komunikasi
B. Melakukan peningkatan kemampuan melalui membaca buku komunikasi
C. Melakukan pelatihan trik trik penjualan
D. dll

3. Tidak penting dan mendesak

Hal ini merupakan kuadran dimana customer tidak perlu melakukan aktivitas yang dapat menghabiskan atau memboroskan waktu sehingga dapat mengganggu peran dalam melayani pelanggan
A. Menangani eskalasi pelanggan
B. Menjalankan proses pengepakan dan pengiriman barang
C. Dll

4. Tidak penting dan tidak mendesak

Hal ini adalah sesuatu yang tidak perlu dilakukan customer service pada saat jam kerja, hal ini dapat mengurangi produkstivitas kerja itu sendiri.sebagai contoh
A. Mengobrol terlalu lama dengan rekan kerja
B. Membuka aplikasi video yang tidak penting
D. Bercanda berlebihan dengan rekan kerja
E. Dll

Dari keempat hal tersebut customer service dapat mempelajari manakah yang perlu dilakukan atau tidak.dan hampir sebagian besar kuadran 1 atau penting dan mendesak adalah poin poin yang tertera dalam job description, sehingga apabila dalam job desc tugas bertambah maka  otomatis poin dalam kuadran 1 bertambah.

Semoga bermanfaat
Andri.

No comments:

Post a Comment